Jumat, 17 April 2015

Jalan Hidup Pinokiawan

Share & Comment

Orang-orang yang polos mempunyai jalan hidup sendiri. Mereka seperti menata hidup dengan kejujuran, keibaan serta kepoloaannya. Tiga hal tersebut manjadi batu bata yang membedakan kastil hidup mereka dengan manusia lainnya.

Pinokio lahir dari harapan lelaki tua yang ingin hari-hari senjanya diramaikan oleh seorang anak. Harapan yang jujur, dan hiduplah Pinokio yang tak kalah jujur.

Salah satu bagian cerita yang paling menarik dari Pinokio, ketika ia naik di atas panggung demi menyelamatkan boneka kayu dari sergapan prajurit jahat. Padahal, itu semua hanya pertunjukan. Namun rasa iba Pino menggerakkannya untuk naik panggung tanpa pikir panjang. Pemilik pertunjukan marah.

Orang-orang yang hadir berniat melemparnya ke api, tapi Pino mengeluarkan jurus kejujuranya. "Kasihan aku, kalau aku dilempar, papaku di rumah sudah tua."

Orang-orang berbalik arah. Bukan membuang, malah memberinya uang.

Dalam film Oliver Twist, seorang bocah bernama Oliver menemukan jalan hidupnya bermodal kejujuran. Jujur tidak sekadar jujur, tapi juga dibalut kepolosan untuk berkarakter sebagaimana adanya.

Ketika kali pertama masuk rumah penampungan, salah seorang Tuan bertanya, "Apakah kamu yatim?" Dan dengan polosnya, Oliver berani membalikkan pertanyaan, "Apakah yatim itu?"

Cerita Oliver masih panjang. Sama seperti Pinokio, keduanya melawan ujian hidup dengan komunikasi yang jujur, serta karakter apa adanya, yang polos namun menanam seribu keinginan.

Pembahasan ini, mengingatkan saya dengan hadist Nabi, "aksaru ahlil jannah albulhu." Kebanyakan penduduk surga adalah orang lugu. Ada tempat tersendiri bagi orang-orang lugu.

Di kalangan orang Arab, Badui termasuk orang-orang desa yang lugu. Pernah seorang Badui kencing di dalam masjid. Seorang sahabat berniat menghardiknya, tapi Rasul melarang.

Lebih ekstrem lagi, pernah seorang Badui berani melayangkan pertanyaan yang sangat sensitif. (Para sahabat selalu senang ketika orang Badui bertamu kepada Nabi. Mereka berani menanyakan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan para sahabat).

Badui bertanya, apakah Muhammad benar-benar utusan Allah. Hingga pertanyaan siapa yang menciptakan  langit. Sesuatu yang tidak tersentuh, bisa dijangkau oleh orang-orang lugu.

Menjadi lebih asyik lagi ketika kita sampai pada kata "goblok" yang sering dikeluarkan almarhum Bob Sadino. Begitu bangganya pebisnis satu ini dengan kata "goblok". Sebab memang ada keiatimewaan besar yang tidak dimiliki orang "pintar".

Lagi-lagi saya harus menceritakan teman saya yang sudah berkali-kali saya selipkan di beberapa artikel. Teman saya yang hobi bisnis ini, tau kalau dirinya "goblok". Katanya, "Aku itu ga pinter kayak temen sekelasku. Makanya aku bangun jalanku sendiri." Akhirnya, saya pun sering lihat jalan hidup dia yang kadang suka menerabas aturan, suka bertanya konyol, suka mengide yang tidak normal.

"Goblok" bukan berarti goblok. Namun berpikir ala Pinokio, Oliver dan orang-orang polos lainnya membuat kita buta seementara dengan aturan umum, namun toh sampai tujuan.

Orang-orang "bodoh" bergerak ke sana ke mari dengan kejujuran, kepolosan, serta keberaniannya. Mereka bukan orang pemberani sebenarnya, mereka hanya terdorong bisikan hati tanpa mempertanyakan bagaimana norma umum sesungguhnya.

Maka yang tidak pandai berenang, biasanya yang berani melaut.

Jakarta, 17 April 2015

*Serunya menulis lewat smartphone
Tags: ,

Written by

Penulis buku, tinggal di Yogyakarta. Twitter: @Naqib_Najah

  • Punya Materi Bagus Tapi Tidak Ada Waktu Menulis!

    Banyak dosen yang tidak mempunyai waktu untuk menulis, padahal, mereka punya materi yang sangat bermanfaat.

  • Saya menulis buku biografi!

    Saat ini buku sudah dilirik sebagai media dokumentasi hidup yang sangat positif. Anda butuh penulisan biografi?

  • Berapa Biaya Hidup di Jogja? (Feature Radio)

    Ini dia pertumbuhan biaya hidup di kota pelajar ini. Pengin tahu lebih lanjut?

  • Jogja Kian Macet! (Esai Foto)

    Januari 2014 lalu saya beserta tim membuat esai foto menyoroti pembangunan hotel dan tingkat kemacetan....

  • Pengin Bikin Iklan Produk dalam Bentuk Video? Murah Kok!

    Iklan dengan bentuk video ternyata terkesan beda. Banyak orang melakukan hal ini, tapi... berapa sih biayanya?

 

Paraqibma Video Project


Layaknya anak-anak seusianya, Akila sering menemukan masalah saat proses belajar. Mulai dari susah diminta mengerjakan PR, hingga kejenuhan dengan sistem belajar.

Apa yang terjadi pada Akila selanjutnya? Simak video iklan berikut: Quamon, mini project by Paraqibma.

Artikel Bisnis


Dizipoint menjadi jembatan antara pebisnis dan pasar online. Selain plaza online, Dizipoint juga menyediakan artikel-artikel bisnis bagi pengunjung.

Saya menulis artikel-artikel bisnis untuk plaza online tersebut. Silakan login di sini untuk membaca artikelnya.

New Aquarich (Coming Soon)

Copyright © New Paraqibma | Designed by Templateism.com